Cara Memperlancar ASI Secara Alami Dengan 5 Tips

Cara Memperlancar ASI – Bagi ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Kekhawatiran karena air susu ibu tidak keluar dengan lancar selalu saja menghantui. Biasanya karena disebabkan faktor stress akibat melahirkan, atau karena ketidaktahuan cara menjaga asupan asi bagi si kecil tetap terjaga.

Nah, beberapa masalah yang sering ditemui karena air susu ibu tidak lancar karena biasanya keluar sedikit, keluar tersendat-sendat dan bahkan keluar sangat kecil atau bisa dibilang sedikit sekali.

Pada umumnya, kelenjar susu ibu akan secara otomatif aktif ketika anda memasuki usia kehamilan. Kelenjar susu ini akan semakin sering memproduksi susu ketika anda melahirkan. Sehingga secara otomatis, air susu akan terus keluar sepanjang anda berada dalam fase melahirkan dan menyusui.

Baca Juga: Kegunaan Jeruk Nipis

Serta faktor-faktor internal lainnya, semisal anda harus berpikiran fresh, tidak dalam masalah, tidak stress, tidak mengonsumsi obat-obatan terlarang, menjauhi alkohol dan segala jenis narkotika.

Selain faktor-faktor eksternal. Ada beberapa faktor-faktor internal yang mesti anda perhatikan jika air susu ibu anda tidak lancar. Selain karena ketidaktahuan cara mengontrol. Juga bisa disebabkan adanya gejala penyakit pada kelenjar susu ibu. Jika anda sudah melakukan terapi dan usaha tetapi tetap tidak bisa memperlancar dan memperbanyak air susu ibu. Anda disarankan untuk ke dokter agar bisa diketahui penyebab utamanya.

Cara Memperlancar ASI Secara Alami Dengan 5 Tips

Berikut beberapa tips dan trik yang sering digunakan ibu-ibu untuk memperlancar dan mmperbanyak air susu ibu. Ada beberapa cara memperlancar air susu ibu. Anda bisa gunakan metode apa saja sepanjang anda merasa nyaman dalam melakukannya. Serta yang paling penting adalah anda mendapat dukungan dari suami dan keluarga. Dan berikut 5 cara memperlancar dan memperbanyak air susu ibu:

1. Pijat bagian puting

Cobalah selama kehamilan untuk sering membersihkan puting dan melakukan pijatan-pijatan di sekitar puting menggunakan minyak bayi. Pijatan-pijatan dengan menggunakan minyak bayi ini akan membuat saraf di sekitar puting rileks dan memberikan stimulus positif bagi perkembangan puting untuk memproduksi air susu ibu dengan jumlah banyak dan melimpah.

Setelah melakukan pijatan-pijatan dengan minyak bayi. Anda bisa kemudian membersihkan diri dengan mandi. Lakukan hal ini berulangkali selama anda berada dalam fase kehamilan.

2. Usahakan untuk menyusui bayi setiap rentang dua hingga tiga jam

Ketika anda memasuki fase kelahiran. Usahakan untuk menyusui bayi setiap rentang dua hingga tiga jam. Tetapi biasanya bayi sendiri akan meminta menyusui dalam rentang yang sama. Jadi jangan khawatir kalau bayi tidak meminta menyusui. Secara alamiah, dalam rentang dua hingga tiga jam bayi akan meminta ibunya untuk menyusui dengan cara menangis. Nah, produksi air susu ibu sendiri tergantung dengan permintaan bayi.

Artinya ketika bayi akan menyusui, si ibu kemudian memberikan respon. Maka otak ibu secara otomatis akan meminta kelenjar susu untuk terus menerus memproduksi asi. Nah, jika anda sudah tahu sistemnya seperti ini.

Maka kurangilah stress dan banyak pikiran yang bisa mengganggu produksi air susu ibu karena otak banyak beban. Jika anda rutin menyusui dalam rentang waktu tersebut. Maka otak akan secara konsisten meminta kelenjar meningkatkan produksi selama dua sampai tujuh hari kedepan.

Hal ini akan berbanding terbalik ketika anda jarang memberikan bayi menyusui. Karena otak juga secara konsisten meminta kelenjar susu mengurangi produksi. Jadi secara natural air susu diproduksi karena adanya rangsangan dari bayi, otak ibu dan juga kelenjar susu ibu.

3. Memompa kelenjar susu

Ternyata memompa kelenjar susujuga dapat merangsang keluarnya asi dengan banyak dan lancar, namun satu yang mesti diingat, ketika akan memompa kelenjar susu. Anda harus sudah menyusui si bayi. Jadi sehabis menyusui anda bisa memberikan stimulus kepada puting untuk memproduksi air susu ibu yang nantinya bisa anda simpan ke dalam freezer.

Jangan terlalu terfokus pada jumlah asi yang dihasilkan. Tetapi fokus pada training memberikan stimulus kepada puting agar bisa memproduksi air susu ibu. Training ini juga bisa memberikan stimulus menghabiskan sisa asi yang ada di puting. Jadi ketika stok asi di puting telah habis. Maka otak akan memerintahkan kelenjar susu untuk memproduksi asi yang baru lagi.

4. Menyusui dengan cara menempelkan kulit ibu dengan bayi.

Di beberapa negara skin to skin contact (menempelkan kulit ibu dengan bayi saat menyusui). bisa menjadi salah satu cara efektif dalam melancarkan produksi asi. Hal demikian karena si ibu dan bayi merasa memiliki kedekatan emosi. Ketenangan batin dan juga membuat anda merasa tenang. Sehingga membuat otak anda akan memberikan instruksi kepada kelenjar susu untuk memproduksi air susu ibu.

5. Usahakan cek puting anda apakah terasa keras.

Karena jika puting terasa keras. Maka bayi akan susah untuk mengedot, atau menyusui dan bahkan tidak mengeluarkan asi sama sekali. Anda bisa mengompres puting anda dengan handuk hangat agar kelenjar puting tidak terasa keras dan bisa membuat bayi mengedot dengan baik.

Selain itu, konsumsilah air putih secara rutin 5 sampai 6 gelas sehari agar bisa menjaga asupan cairan dalam tubuh anda dan semoga saja cara memperlancar ASI secara alami yang telah Kami bagi diatas dapat bermanfaat yah selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *